Kamis, 03 Februari 2011

sejarah internet

SEJARAH INTERNET
        Sejarah internet dimulai pada thun 1969.Departemen pertahanan Amerika,U.S.Defense Advanced Research Agency(DARPA)mengadakan riset tentang cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik.Program riset ini dikenal dgn nama ARPANET.
        Tahun 1972,Roy Tolimson berhasil menyempurnakan program e-mail.Pada tahun yg sama,ikon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yg menunjukkan at.Tahun 1973,jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika.
        Pada tahun 1979,TomTruscott,jim Ellis,dan Steve Bellovin,menciptakan newsgroup pertamayg diberi nama USENET.  
        Pada tahun 1988 Jarkko Oikarinen dari finlandia menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC(Internet Relay Chat)
       Tahun 1990  adalah tahun yang paling bersejarah , ketika tim berners lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelejah antara satu komputer yang lain nya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut WWW, atau world wide web.
        Tahun 1992, komputer yang saling tersambumg membentuk jaringan yang sudah melampaui sejuta komputer dan ditahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun  1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual shopping atau e-retail munculnya diinternet. Dunia langsung berubah. Ditahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar